Kamis, 25 April 2013

POLA SKENARIO CTL



Kelompok 4


1.      Pola / Skenario Pembelajaran Kontekstual
Untuk mencapai kompetensi yang sama dengan menggunakan CTL guru melakukan langkah-langkah pembelajaran seperti di bawah ini.
a.      Pendahuluan
1)      Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dari proses pembelajaran dan pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari.
2)      Guru menjelaskan prosedur pembelajaran CTL:
·      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa;
·      Tiap kelompok ditugaskan untuk melakukan observasi;
·      Melalui observasi siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai hal yang berkaitan dengan tugas observasinya.
3)      Guru melakukan tanya jawab sekitar tugas yang harus dikerjakan oleh setiap siswa.

b.      Inti
Di lapangan
1)      Siswa melakukan observasi sesuai dengan pembagian tugas kelompok.
2)      Siswa mencatat hal-hal yang ditemukan selama observasi sesuai dengan alat observasi yang telah mereka tentukan sebelumnya.
Di dalam kelas
1)        Siswa mendiskusikan hasil temuan mereka sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
2)        Siswa melaporkan hasil diskusi.
3)        Setiap kelompok menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain.

c.       Penutup
1)      Dengan bantuan guru siswa menyimpulkan hasil observasi sesuai dengan indikator hasil belajar yang harus dicapai.
2)      Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan tentang pengalaman belajar mereka dengan tema sesuai dengan tugas yang telah diberikan.

2.      Contoh-contoh pengaitan pembelajaran CTL di kelas
Di sebuah kelas, pada waktu pelajaran ilmu pengetahuan sosial membahas tentang pariwisata, siswa diminta untuk membahas potensi pariwisata di wilayahnya dengan berbagai sudut pandang dan ide-idenya dari mulai potensi daya tarik obyek wisata, analisis ekonomi, analisis budaya, model promosi serta pola pengembangannya, sampai membuat brosur perjalanan dan paket wisata.


Referensi:
Drs. H. Sugiyanto, M. Si., M. Si. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka-FKIP UNS
Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar