Kamis, 25 April 2013

contoh skenario RPP



SKENARIO/RENCANA PEMBELAJARAN
MODEL: COOPERATIVE LEARNING
TEKNIK: JIGSAW

Jenis sekolah
:
MA
Mata pelajaran
:
PAI
Kelas/semester
:
XI/Dua
Standar kompetensi
:
Memahami Zina beserta hikmah pelarangannya
Kompetensi dasar
:
MMenjelaskan pengertian dan hukum zina
2.Menjelaskan dasar hukum dilarangnya zina
M Menunjukkan macam-macam zina
M Menjelaskan macam hukuman bagi pezina
M Menjelaskan hikmah dilarangnya zina
Mau menjauhi perbuatan zina
Materi pokok
:
hukum zina beserta hikmah pelarangannya
Indicator
:
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum zina
2. Siswa dapat Menjelaskan dasar hukum dilarangnya zina
M Siswa dapat Menunjukkan macam-macam zina
M Siswa dapat Menjelaskan macam hukuman bagi pezina
M Siswa dapat Menjelaskan hikmah dilarangnya zina
M Siswa dapat Mau menjauhi perbuatan zina
Waktu
:
2 x 45 menit
Tujuan
:
Memfasilitasi siswa agar dapat mendeskripsikan pengertian, hukuman dan hikmah dari pelarangan zina
Media
:
Buku paket Penidikan Agama Islam kelas XI
Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
LKS Fiqih
Al-Qur’an dan terjemahannya
Internet
Pendekatan
:
CTL
Model pembelajaran/teknik
:
Cooperative learning/jigsaw
Metode
:
Diskusi, Tanya-jawab
Scenario/strategi pembelajaran
1.   Pendahuluan
:
15 menit

a.   Siswa mendapat penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
b.   Mengadakan tanya jawab mengenai Zina dalam ehidupan sehari - hari(constructivisme and questioning)
2.   Kegiatan inti
:
60 menit

a.     Siswa dibagi menjadi 6 kelompok dengan cara berhitung dari 1-6, bagi yang nomor hitungannya sama bergabung menjadi satu kelompok.
b.    Kelompok 1 dan 2 ditugaskan untuk mencari dan mendiskusikan tentang penertian dan dalil – dalil pelarangan zina.
c.     Kelompok 3 dan 4 ditugaskan mencari dan mendiskusikan fenomena zina dalam kehidupan sehari – hari.
d.    Kelompok  5 dan 6 ditugaskan untuk mencari dan mendiskusikan hukuman pelaku zina, bahaya zina (di dunia dan akherat) dan hikmah pelarangan zina
e.     Setelah diskusi dianggap cukup, perwakilan masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain menanggapinya.
3.   Penutup
:
15 menit

a.   Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
b.   Menugaskan siswa untuk membuat laporan secara individu mengenai bahasan LKS pada hari itu. (reflection)
penilaian
:
a.   Partisipasi siswa dalam kelompok
b.   Keberanian mengungkapkan pendapat
c.   Laporan individu
(authentic assessment)


LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN
(AUTHENTIC ASSESSMENT)
No.
Nama siswa
Kegiatan
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Total
1.






2.






3.






4.






5.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar