Kelompok 4
1.
Pola / Skenario Pembelajaran Kontekstual
Untuk mencapai
kompetensi yang sama dengan menggunakan CTL guru melakukan langkah-langkah
pembelajaran seperti di bawah ini.
a.
Pendahuluan
1)
Guru
menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dari proses pembelajaran dan
pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari.
2)
Guru
menjelaskan prosedur pembelajaran CTL:
· Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa;
· Tiap kelompok ditugaskan untuk melakukan observasi;
· Melalui observasi siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai hal yang
berkaitan dengan tugas observasinya.
3)
Guru
melakukan tanya jawab sekitar tugas yang harus dikerjakan oleh setiap siswa.
b.
Inti
Di lapangan
1)
Siswa
melakukan observasi sesuai dengan pembagian tugas kelompok.
2)
Siswa
mencatat hal-hal yang ditemukan selama observasi sesuai dengan alat observasi
yang telah mereka tentukan sebelumnya.
Di dalam kelas
1)
Siswa
mendiskusikan hasil temuan mereka sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
2)
Siswa
melaporkan hasil diskusi.
3)
Setiap
kelompok menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain.
c.
Penutup
1)
Dengan
bantuan guru siswa menyimpulkan hasil observasi sesuai dengan indikator hasil
belajar yang harus dicapai.
2)
Guru
menugaskan siswa untuk membuat karangan tentang pengalaman belajar mereka
dengan tema sesuai dengan tugas yang telah diberikan.
2.
Contoh-contoh pengaitan pembelajaran CTL di kelas
Di sebuah kelas, pada waktu pelajaran ilmu pengetahuan sosial
membahas tentang pariwisata, siswa diminta untuk membahas potensi pariwisata di
wilayahnya dengan berbagai sudut pandang dan ide-idenya dari mulai potensi daya
tarik obyek wisata, analisis ekonomi, analisis budaya, model promosi serta pola
pengembangannya, sampai membuat brosur perjalanan dan paket wisata.
Referensi:
Drs. H. Sugiyanto, M. Si., M. Si. 2010. Model-model Pembelajaran
Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka-FKIP UNS
Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd. 2011. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar