SKENARIO/RENCANA PEMBELAJARAN
MODEL: COOPERATIVE LEARNING
TEKNIK: JIGSAW
Jenis sekolah
|
:
|
MA
|
Mata pelajaran
|
:
|
PAI
|
Kelas/semester
|
:
|
XI/Dua
|
Standar kompetensi
|
:
|
Memahami Zina beserta hikmah pelarangannya
|
Kompetensi dasar
|
:
|
MMenjelaskan pengertian dan hukum
zina
2.Menjelaskan dasar hukum dilarangnya zina
M
Menunjukkan macam-macam zina
M
Menjelaskan macam hukuman bagi pezina
M
Menjelaskan hikmah dilarangnya zina
Mau menjauhi perbuatan
zina
|
Materi pokok
|
:
|
hukum zina beserta hikmah pelarangannya
|
Indicator
|
:
|
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan hukum
zina
2. Siswa dapat Menjelaskan dasar hukum dilarangnya zina
M Siswa
dapat Menunjukkan macam-macam zina
M
Siswa dapat Menjelaskan macam hukuman bagi pezina
M
Siswa dapat Menjelaskan hikmah dilarangnya zina
M
Siswa dapat Mau menjauhi perbuatan zina
|
Waktu
|
:
|
2 x 45 menit
|
Tujuan
|
:
|
Memfasilitasi siswa agar dapat mendeskripsikan pengertian,
hukuman dan hikmah dari pelarangan zina
|
Media
|
:
|
Buku paket Penidikan Agama Islam kelas XI
Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
LKS Fiqih
Al-Qur’an dan terjemahannya
Internet
|
Pendekatan
|
:
|
CTL
|
Model pembelajaran/teknik
|
:
|
Cooperative learning/jigsaw
|
Metode
|
:
|
Diskusi, Tanya-jawab
|
Scenario/strategi pembelajaran
|
||
1. Pendahuluan
|
:
|
15 menit
|
a. Siswa
mendapat penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan
tujuan yang akan dicapai.
b.
Mengadakan tanya jawab mengenai Zina dalam ehidupan sehari - hari(constructivisme
and questioning)
|
||
2. Kegiatan inti
|
:
|
60 menit
|
a.
Siswa dibagi menjadi
6 kelompok dengan cara berhitung dari 1-6, bagi yang nomor hitungannya sama
bergabung menjadi satu kelompok.
b.
Kelompok 1 dan 2
ditugaskan untuk mencari dan mendiskusikan tentang penertian dan dalil –
dalil pelarangan zina.
c.
Kelompok 3 dan 4
ditugaskan mencari dan mendiskusikan fenomena zina dalam kehidupan sehari –
hari.
d.
Kelompok 5 dan 6 ditugaskan untuk mencari dan
mendiskusikan hukuman pelaku zina, bahaya zina (di dunia dan akherat) dan
hikmah pelarangan zina
e.
Setelah diskusi
dianggap cukup, perwakilan masing – masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi mereka dan kelompok lain menanggapinya.
|
||
3. Penutup
|
:
|
15 menit
|
a. Guru
memberikan penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
b.
Menugaskan siswa untuk membuat laporan secara individu mengenai bahasan LKS
pada hari itu. (reflection)
|
||
penilaian
|
:
|
a.
Partisipasi siswa dalam kelompok
b.
Keberanian mengungkapkan pendapat
c.
Laporan individu
(authentic
assessment)
|
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN
(AUTHENTIC ASSESSMENT)
No.
|
Nama siswa
|
Kegiatan
|
||||
Presentasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Total
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar